Juknis BOP PAUD Permendikbud Tahun 2019 Format PDF

Juknis BOP Paud Permendikbud Tahun 2019 Format PDF – Demi terciptanya mekanisme pemakaian atau pengeluaran dana PAUD Anggaran Tahun 2019, Kemdikbud merilis petunjuk yang biasa dipergunakan sebagai acuan atau pedoman dalam menyusun rencana pemakaian dana yang dituangkan ke dalam sebuah RKAS PAUD Tahun 2019.

Juknis BOP PAUD Permendikbud Tahun 2019 Format PDF
Juknis BOP PAUD Permendikbud Tahun 2019 Format PDF
Bahwa untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bermutu, pemerintah mengalokasikan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Bahwa untuk membantu Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan pemerintah kabupaten/kota dalam mewujudkan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini, yang adil dan lebih bermutu, pemerintah mengalokasikan dana bantuan BOP PAUD.

Maka dengan adanya hal - hal tersebut pemerintah menerbitkan Juknis BOP Paud 2019 sebagai pedoman bagi semua Satuan Pendidikan dalam mengelola Dana Bantuan PAUD Tahun 2019 secara benar.

Juknis BOP Paud Kemendikbud Tahun 2019 Format PDF

BOP adalah Bantuan Oprasional Penyelenggaraan jenjang PAUD diberikan oleh pemerintah demi meringankan beban biaya masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang bermutu, dan untuk membantu meringankan beban masyarakat. Sedangkan untuk peraturan – peraturan nya sudah tertera pada Juknis BOP tahun 2019 yang dapat Anda undu diakhir postingan.

Juknis BOP PAUD 2019 dimaksudkan untuk memberikan acuan/pedoman bagi pemerintah daerah, Satuan dan Satuan Pendidikan Non Formal dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK Non Fisik BOP PAUD. Nah itulah pengertian BOP berdasarkan Juknis BOP tahun 2018.


Tujuan Utama Pemberian DAK Non Fisik BOP PAUD


  • Membantu penyediaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan kepada Satuan  Pendidikan Non Formal yang menyelenggarakan program PAUD untuk mendukung kegiatan operasional pendidikan.
  • Mampu memberikab keringanan beban dana/biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas di Satuan Pendidikan Non Formal.


Besaran Dana BOP PAUD 


Pengalokasian besaran biyaya DAK Non-Fisik yang ada pada Juknis BOP PAUD 2018 untuk setiap Pemerintah Daerah meberikan biaya Dana BOP PAUD sebesar Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per peserta didik per tahun.


Sedangkan untuk pencairan Dana Anggaran BOP-PAUD biasanya akan dikeluarkan di pertengahan tahun atau diawal ajaran baru.

Syarat Penerima Bantuan BOP Paud 2019

Persyaratan Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Non Formal penerima bantuan DAK Non Fisik BOP PAUD adalah sebagai berikut:

  • Terdaftar atau telah memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN). 
  • Peserta didik paling sedikit 12 yang terdaftar dalam Aplikasi Dapodik Ditjen PAUD dan Dikmas. 
  • Memiliki rekening atas nama Satuan PAUD  atau Satuan Pendidikan Non Formal dan memiliki nomor pokok wajib pajak.


Juknis Pelaporan BOP Paud Tahun 2019

Secara umum, dilaporkan terkait BOP PAUD oleh pelaksana program yaitu yang berkaitan dengan penerima bantuan, penyaluran, penyerapan, pemanfaatan dana, pertanggungjawaban keuangan serta hasil monitoring evaluasi dan pengaduan masalah. Adapun evaluasi pelaporan bantuan BOP PAUD adalah:

Tahap pelaporan dilakukan secara berjenjang, mulai dari laporan tingkat Satuan PAUD, Satuan Pendidikan Non Formal, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.

Pelaporan sebagaimana dimaksud meliputi:

  1. rencana kegiatan dan anggaran (RKAS). 
  2. pembukuan realisasi penggunaan dana.
  3. rekapitulasi penggunaan dana DAK NonFisik BOP PAUD.
  4. penanganan pengaduan masyarakat.


Nah, jika Anda ingin mendapatkan Juknis Laporan BOP Paud 2019 Kemdikbud format PDF secara lengkap silahkan Bapak/Ibu bisa langsung mengunduh pada link yang ada dibawah ini :

Download Juknis BOP Paud 2019 PDF DISINI

Demikian informasi mengeni Juknis BOP Paud Kemdikbud Tahun 2019 Format PDF untuk tingkat satuan Paud. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sekolah dan bisa membantu Bapak Ibu dalam penggunaan Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD tahun 2019.

Belum ada Komentar untuk "Juknis BOP PAUD Permendikbud Tahun 2019 Format PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel