Pedoman Penerbitan NISM Terbaru Tahun 2018

Pedoman Penerbitan NISM Terbaru Tahun 2018 - NISM merupakan Nomor lnduk Siswa Madrasah  atau kode pengenal identitas pesrta didik jenjang RA, Ml, MTs dan MA.  Dalam penulisan dan penerbitan NISM harus sesuai pedoman Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag.

Pedoman Penerbitan NISM Terbaru Tahun 2018
Pedoman Penerbitan NISM Terbaru Tahun 2018

Nah pada kesempatan kali ini admin akan membagikan petunjuk atau pedoman Penerbitan NISM Terbaru Tahun 2018 untuk sekolah madrasah. Panduan Penerbitan NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah) Jenjang, RA, MI, MTs, dan MA ini diterbitkan memiliki tujuan sebagai pedoman tata kelolah penerbitan NISM yang benar.


Cara penulisan nomor induk siswa madrasah yang benar sesuai pedoman atau panduan NISM  2018:

Pedoman Penerbitan NISM RA, Ml, MTs dan MA Tahun 2018

Bahwa untuk penertiban tata kelola administrasi peserta didik pada satuan pendidikan madrasah maka diperlukan susunan nomor unik bagi setiap peserta didik yang dicatat dalam buku induk madrasah yang selanjutnya disebut Nomor lnduk Siswa Madrasah ( NISM )

Penyusunan NISM didasarkan pada panduan penerbitan NISM sebagaimana tercantum dalam sK Dirjen Pendis Nomor 363 tahun 2017 yang diberlakukan bagi madrasah negeri maupun swasta dan menjadi dasar pada penomoran ijazah, SHUAMBN/SHUAMD serta kegiatan kesiswaan dilingkungan Kementerian Agama.

NlsM terdiri dari 18 (delapan belas ) digit angka dengan susunan sebagi berikut:
X : 12 (dua belas ) digit angka adalah Nomor Statistik Madrasah (NSM) yang telah terdaftar dalam data base EMIS Pendis Kemenag.

Y : 2 (dua ) digit angka adalah tahun masuk peserta didik pada madrasah yang bersangkutan.

Z '. 4 (empat ) digit angka adalah nomor urut siswa yang terdaftar di madrasah bersangkutan berdasarkan tahun masuk baik melalui PPDB maupun mutasi masuk:

  • Contoh : Tahun masuk 2017 : 0001, 0002, 0003 .... Dst
  • Tahun masuk 2018 : 0001, 0002, 0003.... Dst

Jika terdapat mutasi masuk siswa maka diberikan NlsM sesuai dengan tahun masuk siswa ke madrasah bersangkutan dengan meneruskan nomor terakhir siswa masuk melalui PPDB pada tahun berjalan.

Pemberlakuan NISM dimulai tahun pelajaran 2017/2018 oleh karena itu penomoran buku induk dengan meneruskan tahun sebelumnya sudah tidak berlaku lagi sejak pedoman penerbitan NISM ini dikeluarkan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kabupaten / Kota berkewajiban mensosialisakan dan menertibkan NISM pada RA dan Madrasah sesuai tingkatan pada wilayah masing-masing.

Pedoman dan penerbitan NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah) sebenarnya telah ditetapkan setahun yang lalu. Yang meliputi Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Nomor 363 Tahun 2017 tentang Panduan Penerbitan Nomor Induk Siswa Madrasah Jenjang, RA, MI, MTs, dan MA. Namun ternyata masih tidak sedikit madrasah yang kurang memahami regulasi dan aturan tentang penulisan NISM ini.

NISM sendiri terdiri atas delapan belas digit angka yang terdiri atas Nomor Statistik Madrasah (NSM), tahun masuk peserta didik, dan nomor urut siswa.


Untuk Bapak/ibu guru yang bertugas di sekolah madrasah, tetapi belum mengerti tentang peraturan tentang penerbitan nomor induk siswa madrasah terbaru yang benar silakan download panduanya dibawah ini:


Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Pedoman penerbitan NISM RA MI MTS dan MA tahun 2018. Semoga dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Penerbitan NISM Terbaru Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel