Cara Melihat/Cek Info GTK atau CEK SKTP di SIM PKB Terbaru

Cara Melihat/Cek  Info GTK atau CEK SKTP di SIM PKB 
Cara Melihat/Cek Info GTK atau CEK SKTP di SIM PKB Terbaru
Cara Melihat Info GTK atau CEK SKTP di SIM PKB

Namun sebelum melakukan cek info GTK/PTK Di SIM PKB jangan lupa untuk memasukan Nomor peserta Ujian Kompetensi Guru (UKG) terlebih dahulu di dapodik, karena Nomor UKG tersebut akan dipakai untuk melihat data Info GTK melalui SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Saat ini situs untuk melihat info GTK dalam melihat validasi data guru dlam penerbitan SKTP semester 1 dan 2 tahun 2017/2018 yaitu di SIM PKB. Sim pkb merupakan situs milik kemendikbud yang digunakan menjadi program keprofesian berkelanjutan jangka panjang untuk guru.

Selain di gunakan untuk Cek SKTP aplikasi sim PKB ini juga berfungsi sebagai pendaftaran PPG sebagai program pengganti PLPG. Tidak cuma itu sim pkb juga telah membuka pendaftaran bagi guru Agama, untuk mengikuti kegiatan ujian kopetensi guru ( UKG) dan menjadi komonitas di sim PKB tahun 2018 yang akan datang.

Bagi Anda yang telah melakukan sinkron dapodik serta sudah melakukan pengisian nomer peserta Ujian Kompetensi Guru (UKG) tentunya bisa langsung melihat Info GTK yang berada di SIM PKB.  Selain itu Anda juga dapat langsung mencari menu layanan Info Guru untuk cek SKTP untuk lebih jelasnya simak dibawah ini dibawah ini:

Cara Cek Info GTK Atau Cek SKTP Di Sim PKB Terbaru 2017/2018

Login SIM PKB
Untuk login ke layanan silakan menuju url https://app.simpkb.id/auth/login atau DI SINI. Gunakan akun masing-masing, untuk user berupa nomorukg@guruku.idsedang pasword sesuai yang tertera pada surat aktivasi akun.

Jika katena satu dan lain hal tidak bisa login atau lupa password silakan menghubungi ketua komunitasnya untuk mengajukan reset pasword.

Pilih Menu Layanan Info GTK
Nah, setelah anda klik layanan  Info GTK diatas maka saat ini anda bisa melihat Info Guru secara lengkap baik sekolahnya maupun INFO SKTP apakah sudah terbit ataupun belum pada sim PKB. Jika sudah keluar SKTP maka anda bisa lihat atau CEK SKTP-nya.

Untuk validasi anda, silakan lihat data yang sebelah kiri diatas. Validasi guru untuk penerima sertifikasi profesi bisa dilihat apabila seluruh datanya memiliki berwarna hijau. Adapaun data yang valid dan berwarna hijau yaitu meliputi, NUPTK, Kepegawaian, Keaktifan, Usia, Kelulusan Sertifikasi, Beban Mengajar atau sering disebut JJM linier dan kelengkapan data. Tetapi apabila data belum valid maka akan berwarna merah dan apabila terjadi permasalahan seperti ini, silakan anda perbaiki memperbaiki semua kesalahannya melalui Aplikasi dapodik sekolah.

Menu Baru di Info Guru
Selain aksesnya yang menggunakan cara baru, ternyata adapula pembaharuan pada validasi data guru, perhatikan pada poin status keaktifan pada nomor 16. Tampak disana status validasi “Menunggu Perhitungan Absensi pada Aplikasi Kehadira”. 

Validasi ini terkait dengan aplikasi Daftar Hadir GTK (DHGTK) dimana setiap sekolah melalui petugas yang diberi tangggung jawab mengelola absen ini harus mengisi setiap hari atau minimal jangan sampai lewat bulan karena jika melewati bulan maka absen belan lalu akan di kunci.

Cara Cetak Info GTK
Apabila sudah berhasil melihat validasi data guru tidak ada salahnya untuk mencetak file tersebut sebagai arsip apabila suatu satt nanti di butuhkan untuk pemberkasan terkait tunjanga.
Caranya denga memilih tombol berwarna jinga pada bagian kanan atas dengan logo printer dan bertuliskan Cetak PDF/Printer.

Apabila tombol tersebut tidak berfungsi bisa juga dengan cara “CTRL + P” lalu pilih cetak menggunakan printer atau menjadi file PDF.


Cara Mendaftar PPG Untuk Mendapatkan Sertifikasi

Nah, bagi teman-teman guru yang diundang melalui Sim PKB karena memenuhi persyaratan yang telah diberikan oleh Ditjen Kementrian pendidikan dan kebudayaan seperti berikut ini:
  • Telah berstatus sebagai pegawai CPNS maupun PNS atau Honorer yang terdaftar di Dapodik Sekolah dan belum memiliki sertifikat pendidik
  • Telah terdaftar di Aplikasi SIM PKB walaupun belum memiliki NUPTK.
  • Dan Sudah masuk di komunitas MGMP
  • Berumur maksimal 58 tahun tertanggal tahun 2017
  • Telah menempuh pendidikan sarjana strata satu ataupun diploma 4 dengan pengangkatan guru maksimal akhir 2015


Maka guru berhak untuk diundang mengikuti program pemerintah ini yang telah tertulis di peraturan meneteri nomer 19 tahun 2017 sebagai salah satu tindak lanjut guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dengan program pendidikan sertifikasi guru. Nah untuk tata cara pendaftarannya sama seperti anda login di SIM PKB kemudian mendapatkan keterangan bahwa anda berhak diundang untuk menjadi calon peserta pendidikan profesi dalam jabatan.

Setelah itu anda dapat ikut serta dalam Uji kompetensi Guru (UKG) secara mandiri yang akan dibiayai pemerintah dan pendataan ini akan berlangsung pada tanggal 1 september sampai dengan 20 November di Aplikasi Sim pkb

Jadwal Pretest PPG & Post Test PKB

Nah, Bagi para guru yang telah mendaftarkan diri sebagai calon peserta PPG dalam Jabatan harus sesuai dengan kompetensi yang dimiliki yah! Untuk Jadwal Pretest PPG dan Post Test PKB bisa anda lihat dibawah ini:

Pretest PPG Jadwal tanggal 27 November s/d 5 Desember 2017

PostTest PKB Akan dilaksanak pada tanggal 1 s/d 15 Desember 2017.

Nah, bagi yang sudah diundang untuk daftar PPG dan sudah melaksanakan verifikasi di LPMP dan sudah dapat surat pemanggilan untuk melakukan pretest silahkan dilihat di akun sim pkb masing-masing karena jadwal pretest akan dilakukan sesuai di akun Sim PKB masing-masing Dan untuk Tempat Wilayah Uji Kompetensi atau TUKnya bisa jadi diliayah anda mengajar atau di sekolah yang memiliki sarana dan prasarana Lab Komputer. Kalau di tempat saya yang dipakai adalah sekolah SMAN 1

Informasi ini  mengenai tentang sistem aplikasi SIM PKB sebagai berikut ini:

Jadwal Pretest PPG

Jadwal Post test UKG

Cek Peserta Sergur

Info Sergur 2018

Soal UKG

Kemungkinan besar Sim pkb akan digunakan sampai dengan 2018, dan kemungkinan juga akan diupdate sesuai data guru dan info perkembangan potensi pada masing-masing guru sehingga dari kementerian dan kebudayaan republik Indonesia dapat memantau guru-guru yang mengajar dibawah naungan kemdikbud dengan mudah.

Itulah Aplikasi SIM PKB  sebagai  Cara Login Terbaru Melihat INFO GTK, SKTP, Daftar PPG ini memudahkan para guru untuk melihat perkembangan guru kedepannya sebagai salah satu monitoring satu pintu dari Kemdikbud. Baik dari Riwayat pelatihan guru melalui Uji Kompetensi Guru, dan Riwayat Capaian Guru.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat/Cek Info GTK atau CEK SKTP di SIM PKB Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel